fbpx

Apa itu BCAA ?

BCAA (branched-chain amino acid) adalah suplemen yang mengandung tiga asam amino esensial, yaitu leusin, isoleusin, dan valin. Tiga asam amino ini dikelompokkan bersamaan, karena menjadi asam amino yang memiliki rantai yang bercabang ke satu sisi.

 

Asam amino diperlukan tubuh untuk membuat protein. Protein sendiri menjadi komponen penyusun sel, jaringan, dan organ. Asam amino dan protein juga berperan vital dalam metabolisme.

Sebagai asam amino esensial, asam amino dalam BCAA tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Untuk itulah kita memerlukannya dari makanan sehat dan banyak pula dikonsumsi dalam bentuk suplemen.

 

Apa saja manfaat dari BCAA ??

1. Meningkatkan massa otot

Banyak orang mengonsumsi suplemen yang mengandung BCAA dengan tujuan untuk meningkatkan massa otot. Ya, BCAA memang terbukti dapat meningkatkan massa otot, terutama jika mengandung leusin yang lebih banyak dibandingkan isoleusin dan valin. Tampaknya, leusin mempunyai peran paling penting dalam pembentukan otot.

Menurut penelitian, BCAA juga terbukti dapat mengaktifkan enzim yang bertanggung jawab dalam pembentukan otot. BCAA dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam melakukan sintesis protein untuk pembentukan otot dan juga menurunkan degradasi protein (kerusakan otot).

2. Mengurangi nyeri otot setelah olahraga

Konsumsi BCAA sebelum atau setelah olahraga terbukti dapat mengurangi nyeri otot yang Anda rasakan setelah olahraga. Hal ini dilakukan BCAA dengan cara menurunkan kadar enzim kreatin kinase dan laktat dehidrogenase, yang berhubungan dengan kerusakan otot. Dengan cara ini, BCAA dapat mempercepat pemulihan dan melindungi Anda dari kerusakan otot.

Selain itu, BCAA juga dapat membantu mengurangi kelelahan setelah berolahraga. Penelitian menunjukkan bahwa BCAA dapat meningkatkan ketahanan terhadap kelelahan dan membantu Anda menghemat energi yang tersimpan dalam otot.

3. Membantu menurunkan berat badan

Leusin juga dapat membantu meningkatkan pembakaran lemak dan menyeimbangkan kadar gula darah. Kandungan leusin dan isoleusin dalam suplemen BCAA dapat meningkatkan produksi insulin, sehingga otot dapat menyerap gula lebih banyak dan kemudian menurunkan kadar gula darah Anda. Kadar gula darah yang seimbang mampu mencegah Anda dari kenaikan berat badan. Dengan cara ini, konsumsi BCAA dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan.

 

Bagaimana cara mengonsumsi suplemen BCAA?

Tidak semua orang butuh untuk mengonsumsi suplemen BCAA. Bahkan, suplemen BCAA tidak dibutuhkan setiap Anda melakukan olahraga atau latihan. Hal ini karena Anda masih bisa memenuhi kebutuhan BCAA dari makanan.

Kebutuhan BCAA dipengaruhi oleh sejumlah faktor, seperti ukuran tubuh dan intensitas olahraga. Menurut penelitian terbaru, orang dewasa sehat disarankan untuk mendapatkan BCAA minimal 9 gram per hari untuk wanita dan minimal 12 gram per hari untuk pria. Kebutuhan BCAA ini bisa dipenuhi hanya dengan mengonsumsi makanan sumber protein.

Namun, bagi atlet dan orang-orang yang melakukan olahraga berat, kebutuhan BCAA bisa sedikit lebih besar. Sehingga, mungkin mereka perlu mengonsumsi suplemen BCAA. Mengonsumsi suplemen BCAA sebesar 15-35 gram per hari umumnya aman dan tidak menimbulkan efek samping pada kebanyakan orang.

Waktu terbaik untuk mengonsumsi suplemen BCAA adalah sebelum dan/atau setelah olahraga. Beberapa orang yang ingin meningkatkan massa ototnya juga bisa mengonsumsi suplemen ini di pagi hari atau sebelum tidur.

 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *